-->

Notification

×

Iklan

Iklan

UKK SMKN 1 Gunung Tuleh Berjalan Lancar

Jumat, 09 April 2021 | Jumat, April 09, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-09T23:52:44Z
iklan

 

 UKK SMK N 1 Gunung Tuleh

Pasbar, smartsumbar.com ----Pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) pada SMK N 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berjalan dengan sukses dan lancar.


Pembukaan UKK dimulai, Selasa ( 6/4 -2021), dengan menghadirkan penguji eksternal  yakni  Silfia Deti,  Navoliyon Bahrisa Tresnova Triena  Dewi dari LSP 1 SMK N 1 Kinali.


Kepala SMK N 1 Gunung Tuleh,  Drs. Zulpan membuka secara resmi UKK  Bisnis Managemen yang berlangsung selama Empat hari (Selasa -  jumat. Menurut Zulpan UKK  ini juga berlangsung untuk kompetensi lain atau jurusan lainnya. Seperti  Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran  dan Akutansi Keuangan dan Lembaga.




Dalam acara pembukaan, dia mengatakan  betapa perlunya kesiapan fisik dan mental untuk  menghadapi Uji kompetensi keahlian  dengan baik, Sebab, ujian ini bagian dari hasil proses pembelajaran kompetensi pengetahuan   ditambah dengan kompetensi keterampilan  yang didapatkan selama belajar.


Menurut Zulpan, UKK juga merupakan ujian akhir kejuruan yang menilai siswa apakah berhasil lulus dan mendapatkan nilai yang baik. Bahkan mendapat Sertifikat Emas atau Garuda, atau mungkin sebaliknya ada yang tidak mendapatkan nilai yang memuaskan, tergantung kemampuan siswa.


Sementara  penguji eksternal dari LSP 1 SMK N 1 Kinali tetap memberikan semangat dan motivasi yang baik dan melihat karakter serta sikap peserta uji kompetensi tahun ini. Tim penguji berharap hasil UKK tentunya memuaskan namun sesuai dengan kemampuan siswa yang bersangkutan.  Tim berharap siswa dapat mengerjakan soal UKK dengan baik agar dapat lulus dan mendapatka sertifikat yang sudah memiliki lisensi.


Dengan adanya sertifikat keahlian nantinya  dapat mempergunakannya sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan kerja  baik di Indonesia maupun di negara tetangga seperti : di Singapura, Brunai, Malasiya dan lainnya.



Sekaitan dengan uji kompetensi keahlian tahun ini Desmawarni, S, Pd dan Ezi, S.Pd (Ketua Jurusan) menambahkan,  pentingnya pembekalan dan pengalaman  dalam pelaksanaan UKK. Siswa dan pihak sekolah akan tahu dimana kelemahan atau kekurangan yang perlu devaluasi.  Yang jelas menurutnya perlu disyukuri karena UKK dapat  terlaksana dengan baik . ***parsela/irz


iklan
×
Berita Terbaru Update