-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pengurus APRI Pasaman Barat, Raker di KUA Kinali

Selasa, 25 Januari 2022 | Selasa, Januari 25, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-13T12:26:50Z
iklan

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, ingatkan setiap kepala KUA dan penghulu harus berinovasi

 

Pasaman Barat, smartsumbar.com – Perubahan zaman serta terus berkembangnya teknologi dan informasi saat ini, menuntut setiap aparatur untuk aktif serta berinovasi dari perubahan itu. Penghulu sebagai jabatan fungsional, harus kreatif dan mampu menjadikan dirinya sosok yang disenangi

Semenjak beralihnya posisi KUA secara kelembagaan bersama jabatan kepalanya dari struktural menjadi fungsional, katanya, berarti kreativitas, inovasi dan tanggungjawab kepala KUA dengan penghulu di wilayah kerjanya, harus meningkat sekaligus lebih baik dari biasanya.

“Seorang kepala KUA yang otomatis jadi penghulu dengan rekan sejawatnya, harus menjadikan dirinya sosok yang disenangi bagi siapa saja yang membutuhkan layanan”, kata Kepala Kantor Kementerian Agama setempat, Muhammad Nur, dalam rapat kerja (Raker) APRI (Assosiasi Penghulu Republik Indonesia) Pasaman Barat di aula KUA Kinali, Selasa (25/1).

Agar karya nyata dilaksanakan penghulu lebih baik, secara nasional dibetuk lembaga organisasi yang tertata rapi dan berjenjang. Wadah peningkatan kualitas sumber daya penghulu dimaksud adalah APRI (Assosiasi Penghulu Republik Indonesia). Struktur organisasinya, mulai tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota, seperti di Pasaman Barat.

Selain itu, ingatnya, kepala KUA bekerjasama dengan pemangku jabatan penghulu yang ada di wilayah kerjanya harus memiliki program kreatif dan berinovasi, seperti membuat profil KUA, dengan menggunakan aplikasi digital. Semua bentuk kreativitas itu deprogram secara khusus dan bisa diakses.

Untuk itu, Muhammad Nur, minta setiap kepala KUA bersama pemangku jabatan pebghulu yang ada, melakukan inovasi itu. Jika kondisinya berhasil, rasnya wajar juga pantas ketika akan mengabilikasikannya, ditandai dengan melaunching “pilot project” dimaksud, dan diikuti pihak terkait.

Kepala KUA Kecamatan Pasaman, Zulfikar, menyatakan dirinya siap menjadi penggerak inovasi pertama di Pasaman Barat. Program digitalisasi lembaganya sudah disiapkan dengan baik bersama timnya.  Namun, dukungan dan kerjasama semua pihak agar harapan tercapai, sangat diharapkan. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update