-->

Notification

×

Iklan

Iklan

45 JCH Kecamatan Pasaman, Jumat Siang Dilepas

Jumat, 03 Juni 2022 | Jumat, Juni 03, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-03T09:26:00Z
iklan

45 JCH Kecamatan Pasaman, Jumat Siang Dilepas

 

Pasaman Barat, smartsumbar.com – Ketua Komisi IV Bidang Kesra DPRD Pasaman Barat, H. Adriwilza, Jumat (3/6) siang, menghadiri acara melepas 45 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kecamatan Pasaman di gedung IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) setempat, komplek kantor pemerintah kecamatan, Simpang Empat.


Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pasaman, Zulfikar, usai mengikuti acara melepas jemaah calon haji itu, menjelaskan, selain Camat, Jon Endri, bersama jajaran, pelepasan JCH kecamatan itu juga dihadiri yang mewakili Kapolsek Kecamatan Pasaman, penasihat IPHI Kecamatan Pasaman, Marwazi, tokoh masyarakat dan undangan.


Diuraikan Zulfikar, pelepasan jemaah calon haji tingkat kabupaten di Simpang Empat, dan selanjutnya menuju Asrama Haji Padang dilaksanakan hari Senin, 6 Juni 2022. Karena pemberangkatan dari Simpang Empat hari pertama kerja minggu depan, maka hari ini (Jumat-red) dilaksanakan acara melepas secara resmi dari pemerintah kecamatan.


Khusus tas jemaah, terang Zulfikar, dari masing-masing jemaah dikumpul di gedung IPHI kecamatan, dan hari ini juga diantarkan ke Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Simpang Empat. Kondisi serupa, juga dilaksanakan setiap jemaah dari masing-masing keacamatan, sehingga seluruh tas jemaah berada di instansi vertikal tingkat kabupaten itu.


Camat Pasaman, Jon Endri, menjelaskan, walau secara internasional, nasional, provinsi dan di kabupaten Pasaman Barat, jumlah jemaah calon haji yang akan diberangkatkan ke Padang, seanjutnya ke tanah suci di tahun 1443/2022 ini hanya separoh (setengah) dari biasanya. Berarti jemaah calon haji Kecamatan Pasaman yang akan berangkat juga setengah, jika dibandingkat dengan tahun-tahun sebelumnya.


Dari informasi yang diperoleh, berikut penjelasan Kepala KUA Kecamatan Pasaman, Zulfikar, tambah Jon Endri, seluruh jemaah dari setiap kecamatan se Pasaman Barat berkumpul di Simpang Empat hari Senin, 6 Juni 2022, dari pagi sampai siang. Sekitar pukul 13.00 Wib, mereka berkumpul di halaman kantor bupati, selanjutnya menaiki bis dan berangkat menuju Padang.


Atas nama pemerintah bersama masyarakat se Kecamatan Pasaman, tambah Camat, pihaknya melepas pemberangkataan 45 orang warga dari tiga kenagarian, yaitu Lingkung Aur, Air Gadang, dan Aur Kuning. Untuk itu, pihaknya mengajak warga Kecamatan Pasaman, agar tetap memeliharalah kesehatan, jaga kebersamaan dan kekompakan, sehingga bisa meraih predikat haji mabrur. (gz/irz)

iklan
×
Berita Terbaru Update