-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Operator Proktor ANBK Madrasah se Pasaman Barat, Ikuti Pelatihan

Senin, 18 Juli 2022 | Senin, Juli 18, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-18T06:38:28Z
iklan

Operator Proktor ANBK Madrasah, Ikuti Pelatihan di MTsN 4 Pasaman Barat 



Pasaman Barat, smartsumbar.com - Operator dan pengelola Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) madrasah se Pasaman Barat, Senin (18/7) mengikuti pelatihan Proktor ANBK madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Pasaman Barat, Simpang Empat.


"Proktor pada Satuan Pendidikan dalam ANBK memiliki peranan yang strategis dari segi teknis pada pelaksanaan ANBK di madrasah. Proktor adalah petugas atau orang yang bertanggung jawab dalam mengendalikan teknis pelaksanaan ANBK, kata Firdaus, Tim Pengelola ANBK Bidang Penmad  Kanwill Kementerian Agama Sumatera Barat di MTsN 4 Pasaman Barat, Simpang Empat. Senin pagi.


Pelantikan selama sehari itu di ruang pertemuan MTsN 4 Pasaman Barat itu diikuti 60 orang. Mereka merupakan operator madrasah negeri dan swasta se Pasaman Barat. Selain Plt. Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Bakrizal, bersama Tim Proktor ANBK Bidang Penmad Kanwill Kementerian Agama Sumatera Barat.


Penyiapan perangkat, berupa komputer dan sarana pendukungnya, harus dipersiapkan lain dengan cermat dan sesuai prosedur demi terselenggaranya ANBK secara maksimal. Termasuk penyiapan perangkat lunak (software), seperti penginstallan, proses sinkronisasi hingga kelancaran dalam pelaksanaan dari sisi aplikasi.


 Demikian pula dengan perangkat kerasnya (hardware) semisal penyiapan jaringan, perangkat komputer itu sendiri hingga perbaikannya jika dibutuhkan. Saat ANBK berlangsung, seorang proktor bertugas memastikan keseluruhan proses berjalan dengan lancar sesuai prosedur yang ditetapkan, dan berkoordinasi dengan Tim Teknis ANBK di tingkat kabupaten dan kota dan provinsi, termasuk di Pasaman Barat. 


Untuk menyampaikan informasi tentang ANBK tersebut dibutuhkan adanya bimbingan teknis kepada proktor satuan pendidikan, maka Seksi Penmad Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat yang berkalibarasi bersama Tim Pengelola ANBK Bidang Penmad Kanwill Kementerian Agama Sumatera Barat.


Plt. Kasi Penmad Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Bakrizal, usai pembukaan pelatihan menyampaikan,   ANBK, merupakan proses akhir setiap siswa melaksanakan proses pembelajaran di lembaga pendidikan yang bersangkutan.


Kepada peserta, Bakrizal, menggunakan sekaligus mengajak agar mengikuti pelatihan ini secara maksimal. Pelajari dan pahami sistem informasi dan teknologi yang ada, sehingga ketika dirinya bisa menyosialisasikan ilmu dan pengalaman yang kepada majelis guru bersama tim kerja, termasuk bagi siswa, sebagai calon peserta ANBK di madrasah yang bersangkutan.(gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update