-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Siswa Baru SMAN 1 Lembah Melintang Ikuti Tes Psikologi

Sabtu, 16 Juli 2022 | Sabtu, Juli 16, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-16T15:57:02Z
iklan

 

ERWIN 


Pasaman Barat, smartsumbar.com - 300j Siswa Baru SMAN 1 Lembah Melintang, Ikuti tes psikologi bersama tim terpadu Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Sumatera Barat yang berkolaborasi dengan UNP (Universitas Negeri Padang). Tes kejiwaan bagi siswa baru itu dilaksanakan di ruang kelas belajar (RKB) lembaga pendidikan itu, Ujung Gading.


Kepala lembaga pendidikan itu, Erwin, didampingi Wakil kepala bisa Kesiswaan, Erinaldi, dan Adri, Wakil kepala bidang Sarana Prasarana, di ruang kerjanya, Ujung Gading, Sabtu (16/7) menjelaskan, setelah siswa baru di lembaga pendidikan yang 


"Setelah 360 peserta didik baru mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), atau dikenal juga dengan sebutan Masa Orientasi Siswa (MOS) hari ini, mereka mengikuti tes psikologi bersama tim terpadu dari IKIP PGRI dan UNP. Melalui hasil tes ini, pihaknya akan mengetahui konsep dasar, arah sekaligus citra -cita yang mereka ikuti.


Tes Psikologi bermanfaat untuk mengklasifikasi potensi siswa didik sehingga mereka bisa mengambil manfaat dari berbagai jenis jurusan / pelajaran sekolah yang berbeda-beda. Beberapa anak mungkin dapat memahami matematika dengan mudah namun sebagian anak lainnya menganggap matematika adalah mata pelajaran yang rumit. Dengan mengetahui tingkat pemahaman peserta didik, memudahkan guru dalam memberikan pelajaran dan memberikan bimbingan yang lebih intensif pada siswa. 


Siswa yang memiliki kemampuan yang menonjol pada satu atau beberapa mata pelajaran tertentu dapat lebih memaksimalkan potensi dan kemampuannya. Dalam kasus permasalahan belajar, tes psikologi juga bermanfaat untuk membantu proses konseling, baik pada tingkat pra sekolah, tingkat sekolah dasar /menengah dan perguruan tinggi.


Sering dijumpai, katanya, pelajar yang pandai saat sekolah di SMA kemudian diterima di perguruan tinggi unggulan. Namun kemudian justru mengalami kemunduran saat kuliah, mengapa hal ini dapat terjadi? Alasan yang rasional karena yang menjadi pertimbangan saat pemilihan jurusan tidak hanya kemampuan akademis dan kesesuaian minat tetapi juga prestise kampus maupun pertimbangan kemudahan mendapat pekerjaan setelah lulus. Inilah yang menjadi kendala saat membantu siswa memilih jurusan di perguruan tinggi.


Peran psikologibdapat menginterpretasikan hasil tes dan menyampaikan hasilnya pada pengguna tes (kepala sekolah/ konselor) dan orang tuanya sebagai dasar acuan dalam pemilihan jurusan yang sesuai maupun dalam pemilihan arah karir sehingga siswa tidak akan merasa keliru dalam pemilihan jurusan yang tidak cocok dengan kemampuan, bakat dan minat siswa. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update