-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Tapak Suci, Gelar Atraksinya Menyambut Sekretaris PWM Sumatera Barat

Senin, 22 Agustus 2022 | Senin, Agustus 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-22T16:17:19Z
iklan

Perguruan TSPM Pasaman Barat, Saat Tampil



Pasaman Barat, smartsumbar.com - Menyambut kedatangan Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat, Nurman Agus, memasuki komplek Pondok Pesanetren (Ponpes) Mu'allimin Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Minggu (21/8) kemarin,


Kunjungan Sekretaris PWM Sumatera Barat, Nurman Agus di komplek perguruan Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading, dalam rangka menghadiri pengajian keluarga besar Muhammadiya tingkat kabupaten, sekaligus meresmikan pemakaian mesjid At-Tanwir Hj Halimah di tengah komplek perguruan Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading.


Kehadiran Sekretaris PWM Sumatera Barat di pondok pesantren (Ponpes) Mu'allimin Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading, didampingi Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pasaman Barat bersama unsur pengurus, ketua dengan unsur pimpinan Aisyiyah Pasaman Barat.


Selain itu, dari pimpinan organisasi otonom (Ortom) tingkat daerah, seperti Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA), Pimpinan Cabang Ikatan Maksisws Muhammadiyah (IMM), pimpinan daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), pimpinan kepanduan Hizbul Wathan {HW), pimpinan Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM), pimpinan amal usaha Muhammadiyah, dan keluarga besar Muhammadiya se Pasaman Barat.


Pimpinan daerah TSPM Pasaman Barat, Minggu kemarin, menurunkan 36 personil dari dua cabang latihan, yaitu  komplek perguruan Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading, dan dari komplek perguruan Muhammadiyah Paraman Ampalu.


Para pendekar remaja dari dua perguruan Muhammadiyah tersebut menampilkan siilat galombang yang diiringi tambur badarai, dengan atraksi pencak silat ganda (berpasangan) tradisi bersenjata dan kelompok beregu/berkelompok dengan begitu apik dan memukau. 


" Muhammadiyah dengan semarak. Ortom, lembaga dan seluruh unsur persyarikatan Muhammadiyah seperti Tapak Suci, diibaratkan sebagai "parik paga-nya" Muhammadiyah, harus turut andil dalam menggembirakan dakwah Muhammadiyah itu," kata Fajar Hasyimi, pelatih Pimda TSPM Pasaman Barat, yang antusias mengawasi penampilan anak latihnya di lokasi acara. 


Pencak Silat Ganda/berpasangan Tradisi bersenjata dan Beregu/berkelompok biasanya hanya dapat disaksikan dalam pertandingan laga pencak silat resmi. Bisa dimaklumi jika kemudian undangan dan segenap yang menghadiri acara hari bermuhammadiyah di Pondok Pesantren Mu'allimin Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading tersebut menyambut dengan sukacita dan gembira, melihat angkatan muda Muhammadiyah dapat beratraksi bela diri dengan baik dan memukau. 


Pimda TSPM Pasaman Barat, sering tampil jadi utusan Pasaman Barat mengikuti kejuaraan tingkat provinsi maupun nasional. Terakhir mengikuti Seleksi Atlet Remaja Pencak Silat PIMWIL XIV Sumatera Barat pada 13 - 14 Agustus 2022 di Padang. 


Sebagai salah satu Ortom Muhammadiyah, TSPM Pasaman Barat terus melakukan upaya pengembangan dan penguatan dirinya dengan rekrutmen serta latihan berkelanjutan. Selain itu, Tapak Suci juga ikut serta berperan dalam pelbagai kegiatan dan dakwah yang bersinergi dengan ortom dan lembaga Muhammadiyah lainnya, misal saat terjadinya bencana alam Gempa Bumi Talamau beberapa waktu lalu. (gmz).

iklan
×
Berita Terbaru Update