-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sekda Pasaman Barat, Pimpinan Rapat Teknis Persiapan MTQ Kabupaten di Parrit

Senin, 19 September 2022 | Senin, September 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-19T10:14:59Z
iklan

Rapat Teknis MTQ Pasaman Barat di Parit

 

Pasaman Barat, smartsumbar..com - Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, Senin (19/9) hadir sekaligus memberikan penjelasan teknis pelaksanaan MTQ (Musyabaqah Tilawatil Qur'an) XI Kabupaten Pasaman Barat di Kecamatan Parit Koto Balingka, akhir Oktober 2022 depan.


Rapat teknis pelaksanaan MTQ Nasional tingkat kabupaten di aula kantor camat setempat, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Pasaman Barat, Hendra Putra, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Setia Bakti, Asisten Bidang Administrasi, Raf'an, Kabag Kesra, Hartasani, dan sejumlah jajaran Tim Kerja, Camat Parit Koto Balingka bersama jajaran, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) dan panitia pelaksana.


Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, menyampaikan, agar MTQ tingkat kabupaten nantinya berjalan maksimal, dan hasil yang dicapai juga memuaskan, kolaborasi antara tim kerja dengan panitia pelaksana atau turun rumah, harus dilakukan secara intens (terus menerus,).


Yang menjadi perhatian tim kerja dengan panitia pelaksana, agar MTQ ini tidak asal-asalan, jelas Muhammad Nur, adalah, adanya saling berbagi informasi, keterbukaan dan sama-sama bekerja. Harus jelas tugas dan fungsi masing-masing, apakah sebagai tim kerja maupun sebagai panitia penyelenggara.


Sebagai tim kerja, ulas kepala kantor lagi, butuh informasi dan penjelasan sejauhmana persiapan yang dilakukan. Selain tempat mimbar utama, sebagai tempat acara pembukaan, mesjid dan lembaga pendidikan yang dijadikan titik lokasi lomba, bersama pemondokan tim kerja dan dewan hakim provinsi dengan dewan hakim kabupaten.


Yang tidak kalah penting dan menjadi perhatian bagi panitia pelaksana adalah, kenyamanan di setiap pemondokan. Kanyamanan dimaksud berkaitan dengan sarana MCK, ketersediaan air bersih, dan sarana konsumsi yang dibutuhkan. Konsumsi yang dibutuhkan itu, bukan saja untuk kafilah dengan dewan hakim provinsi dan kabupaten, tapi termasuk untuk tim kerja bersama para tamu yang berkunjung ke posko utama, termasuk di pemondokan kafilah.


Yang penting dipahami itu, tambah Muhammad Nur lagi,termasuk menu makanan (konsumsi) yang disediakan di posko utama, pemondokan kafilah, pemondokan dewan hakim, posko tim kerja dan panitia pelaksana. Khusus untuk pemondokan kafilah, yang dibutuhkan bukan banyaknya kamar, dan bahan makanan yang harus dihidangkan.


Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Hendra Putra, menyampaikan, agar kerja keras semua pihak, dalam rangka menyukseskan MTQ tingkat kabupaten nantinya, tidak secara asal. Kepada seluruh panitia pelaksana, agar selalu berkoordinasi, jalin Komunikasi dan lakukan inovasi, sehingga gebyar dan semarak MTQ tingkat kabupaten di Parit Koto Balingka nantinya, lancar dan sukses.


Semua pihak, apakah tim kerja maupun sebagai panitia pelaksana, harus bersinergi dan koordinasi yang baik antar Instansi yang terkait dan panitia, baik keamanan, kesehatan harus mengutamakan ketertiban dalam acara ini.


Disamping itu, Hendra Putra, juga mengajak seluruh masyarakat se Pasaman Barat, lebih khusus di Kecamatan Parit Koto Balingka, agar memeriahkan MTQ ke-XI ini, menyaksikan acara demi acara di setiap lokasi lomba yang dilaksanakan, sesuai lokasi dan jenis lomba yang ditampilkan.


Kepada tim kesehatan, pinta Hendra Putra lagi, pihaknya minta agar berkoordinasi dengan tim konsumsi yang akan menyediakan makanan semua selama MTQ dilaksanakan. Selain itu, tim kesehatan dari UPT Puskesmas Parit, agar membuat pos layanan kesehatan, dan pada hari "H" nantinya, tim kesehatan harus mengecek kondisi kesehatan setiap kafilah secara bergantian, sesuai jadwal yang ditetapkan dan berkoordinasi dengan panitia pelaksana MTQ.


Diperkirakan, tambah Sekretaris Daerah itu, pelaksanaan MTQ Nasional XI Kabupaten Pasaman Barat akan dilaksanakan di akhir Oktober 2022 depan. Namun, tanggal berapa pembukaannya, masih menunggu kematangan panitia pelaksana, dan koordinasi dengan pihak Gubernur dan Kanwill Kementerian Agama Sumatera Barat, yang akan membuka MTQ tingkat kabupaten di Kecamatan Parit Koto Balingka, nantinya. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update