-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Lima BKM di Pasaman Barat bagian utara, Dikukuhkan

Kamis, 31 Agustus 2023 | Kamis, Agustus 31, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-31T06:40:20Z
iklan

Pengukuhan Lima BKM di Parit Koto Balingka 

 


Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Lima pengurus Badan Kesejahteraan Mesjid (BKM) se Pasaman Barat bagian utara, Kamis (31/8) dikukuhkan Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Syafrizal di Mesjid Nurul Ikhlas Parit, Kecamatan Parit Koto Balingka, Pasaman Barat.


Kelima pengurus BKM se Pasaman Barat bagian utara yang dikukuhkan itu adalah, Satu. BKM Kecamatan Sungai Aur, Dua. BKM Lembah Melintang, Tiga. BKM Parit Koto Balingka, Empat. BKM Sungai Beremas, dan Lima. BKM Kecamatan Ranah Batahan.


Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Syafizal, menyampaikan, BKM adalah salah organisasi keagamaan dan akan menjalankan tugas atau kegiatan untuk meningkatkan imarak, kemakmuran dan kesejahteraan mesjid, yang berada di wilayah atau lingkungannya masing-masing.


Dijelaskan, Syafrizal, ada tiga isu besar yang akan dibahas dalam program pemberdayaan mesjid, yang secara keseluruhan dilaksanakan pengurus, jemaah bersama masyarakat setempat, sesuai bidang dan kemampuan yang ada pada masing-masingnya.


Beberapa persoalan yang dimaksud adalah, Satu. Masih terdapat masjid-masjid yang belum dikelola secara profesional. Aspek manajemennya perlu ditingkatkan, Kedua. Penguatan aspek moderasi beragama, terutama untuk mengantisipasi tumbuh suburnya paham-paham intoleran di tahun politik.


Ketiga, masih banyak masjid yang belum berdaya atau mandiri dari sisi ekonomi, dan hal-hal yang menunjang banyak dan ramainya kegiatan di mesjid. Pengurus daerah, khusus tingkat kecamatan yang dikukuhkan hari ini (Selasa- red) diharapkan akan menyusun, membuat, merumuskan program dan menjalankan program dan isu mengenai kemasjidan di daerah masing-masing.


Sebagai informasi, tambah Syafizal, BKM adalah lembaga yang dibentuk Kementerian Agama untuk meningkatkan peran dan fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan sarana pembinaan umat Islam di tanah air. Badan ini dikukuhkan Menteri Agama pada 3 Mei 2023 di Masjid Istiqlal, Jakarta, kata Syafrizal lagi menambahkan. 


Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Ronaldi, usai pengukuhan pengurus Lima BKM, jelaskan, dengan selesainya Lima BKM di Pasaman Barat bagian utara dilantik, berarti selesai sudah pengukuhan pengurus BKM se Kabupaten Pasaman Barat. (Gus)

iklan
×
Berita Terbaru Update