-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Murid TK Abdul Majid Air Gadang, Manasik Haji di Kan. Kemenag Pasaman Barat

Kamis, 14 September 2023 | Kamis, September 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-14T09:01:26Z
iklan

Manasik Haji Murid TK Abdul Majid 



Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Sebanyak 34 murid TK (Taman Kanak-kanak) Abdul Majid Air Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (14/9) mengikuti manasik haji di alat peraga manasik Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Simpang Empat.


Sebelum peserta didik TK Abdul Majid mengikuti serangkaian manasik ibadah haji, Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diwakili Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Ronaldi, memberi pencerahan sekaitan kegiatan manasik haji dihadapan murid TK Abdul Majid, majelis guru bersama orangtua murid yang mengikuti kegiatan itu. 


Kepala TK Abdul Majid, Buyung Fajri, mengakui, manasik haji adalah salah satu materi ajar yang diberikan kepada peserta didik. Jika selama di bangku pendidikan, peserta didik selalu diajarkan teori manasik, dan saat ini para murid diikutsertakan pada kegiatan praktik manasik, untuk saat ini dilaksanakan di alat peraga manasik Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Simpang Empat.


Kegiatan manasik haji di lapangan, seperti hari ini, tambah Buyung Fajri, merupakan agenda perdana diikuti setiap peserta didik, majelis guru dan didampingi orangtua masing-masing anak. Kegiatan ini, akan dijadikan program kerja tahunan TK Abdul Majid Air Gadang.


Kasi Bimas Islam, Ronaldi, menyampaikan, dalam ajaran Islam, haji adalah salah satu rukun Islam, dan wajib dilaksanakan setiap umat Islam yang mampu. Mampu dimaksud, bukan saja dalam bentuk biaya atau sektor ekonomi, tapi mampu menurut fisik, sikap dan mental setiap umat.


Pihaknya sangat bersyukur karena kegiatan semacam ini rutin dilakukan guna mengajari anak-anak dalam mempersiapkan iman dan takwa sejak dini. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan pemahaman tentang ibadah haji sejak usia dini. Paling tidak nantinya ada keinginan untuk bisa menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci,” harapnya.


Sebagaimana layaknya menjalankan ibadah haji, tambah Ronaldi, semua peserta mengenakan ihram serba putih seperti yang digunakan para jamaah calon haji. Prosesi manasik haji diawali pelepasan jamaah, dilanjutkan prosesi wukuf di Padang Arafah. Setelah itu, melaksanakan tawaf atau keliling Kakbah sebanyak tujuh kali serta dilanjutkan salat di Makam Nabi Ibrahim AS.


Kemudian sa’i atau berlari kecil antara Shofa dan Marwa. Rangkaian haji selanjutnya melontar jumrah dimulai dari Ula, Wustho dan Aqabah. Prosesi manasik haji kecil diakhiri dengan tahalul (potong rambut), minum air zamzam dan embarkasi penjemputan jamaah haji. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update