-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Gempa Berkekuatan 4,7 Terjadi di Lubuk Basung, Agam

Senin, 23 Mei 2022 | Senin, Mei 23, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-22T19:06:51Z
iklan

Lokasi Gempa di Lubuk Basung


Pasaman Barat, smartsumbar.com - Sekitar pukul 00.38.14 Wib hari Senin, 23 Mei 2022,, berkekuatan 4,7 magnitudo dini hari tadi. Gempa itu terjadi di wilayah Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.


Kejadian dengan titik koordinatnya terjadi di 0.48 LS dan 99.56 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km Baratdaya Lubuk Basung Kabupaten Agam, pada kedalaman 60 kilometer dari permukaan laut Lubuk Basung.


Jenis dan mekanisme gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas sesar Kepulauan Mentawai.


Gempabumi: yang digambarkan peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Lubuk Basung, Pasaman Barat, Padang dengan Skala Intensitas II - III MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - 


Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu ), Padang Pariaman dengan Skala Intensitas I - II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.


Gempabumi susulan terjadi hingga pukul 01:10 Wib, dari hasil monitoring BMKG Padangpanjang, gempa ini  belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.


Rekomendasi:

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram @bmkgpadangpanjang atau @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg, jela, ksepala Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjan, Suaidi Ahadi. (gz/irz)

iklan
×
Berita Terbaru Update