-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kepulangan Jamaah Haji, Disambut Haru dan Khidmat

Selasa, 19 Juli 2022 | Selasa, Juli 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-19T14:36:26Z
iklan

Jemaah Haji Pasaman Barat, Sampai dan Sambut Haru


Pasaman Barat, smartsumbar.com - Diiringi lantunan lagu qasidah bersama Tim Marhaban Majelis Ilmu Musholla Al-Muhajirin Kampung Cubadak, Simpang Empat, sambut kepulangan jamaah haji Pasaman Barat di halaman Kantor Kementerian Agama setempat, Simpang Empat.


Kepulangan 168 orang jemaah haji tergabung dalam jemaah Kelompok Terbang (Kloter) 4 Mess Padang, gabungan dari empat kabupaten dan di provinsi ini Empat daerah itu adalah, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok, Kota Padang, dan Kabupaten Pasaman Barat.


Sekitar pukul 4.45 Wib Selasa pagi tadi, sesaat jemaah haji Pasaman Barat den dari tiga kabupaten/kota lainnya lending di BIM (Bandara Internasional Minangkabau), Wakil Bupati, Risnawato, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, menyambut kedatangan jemaah haji Kloter IV Mess Padang.


Sekitar satu jam berada di bandara, seluruh jemaah haji Kloter IV Mess Padang menaiki bis yang disediakan panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Sumatera Barat dari bandara ke Asrama Haji Debarkasi Padang.


Berselang sekitar dua jam di asrama haji Padang, selanjutnya jemaah haji khusus dari Pasaman Barat, menaiki empat unit bis yang disediakan Pemda Pasaman Barat, diiringi Wakil Bupati, Risnawato dan kepala kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, meninggalkan asrama haji Padang, menuju Pasaman Barat.


Sesampai di Pasaman Barat, tepatnya di halaman Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, 168 orang jemaah haji dari 11 kecamatan se Pasaman Barat, disambut Bupati, Hamsuardi, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat, Erianto dengan Dalius K, Sekretaris Darah, Hendra Putra, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Setia Bakti, para kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), pimpinan lembaga perbankan di Simpang Empat, ketua dan pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Pasaman Barat, dan tokoh masyarakat lainnya.


Tidak hanya disambut hangat dari pejabat di lingkup pemerintah daerah Pasaman Barat, terlihat rasa haru dan bahagia terlontar dari wajah ribuan anggota keluarga jemaah di sekitar kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Simpang Empat.


Bupati, Hamsuardi, pada kesempatan itu mengucapkan, atas nama pemerintah daerah, keluarga dan masyarakat Pasaman Barat, pihaknya mengucapkan selamat datang kepada jemaah haji Pasaman Barat, yang baru saja melaksanakan perjalanan ibadah haji di tanah suci.


Selain itu, ulas Hamsuardi, pihaknya juga mengucapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam mengurus semua hal yang berkaitan dengan jemaah haji kloter IV Mess Padang, khususnya jemaah haji Pasaman Barat.


"Semuanya jemaah haji Pasaman Barat yang hari ini kembali ke Pasaman Barat, selanjutnya ke daerah asal masing-masing, sama ketika sewaktu meninggalkan Pasaman Barat, selanjutnya ke tanah suci, jumlahnya sebanyak 165 orang jemaah bersama tiga orang petugas.


"Alhamdulillah. bapak dan Ibu jemaah haji yang kita lepas pada beberapa waktu lalu di aula kantor bupati, jumlahnya sama dengan saat kepulangan dari tanah suci, selanjutnya dari Asrama Haji Debarkasi Padang ke Simpang Empat, hari ini (Selasa siang - red)", kata Hamsuardi.


Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, pada kesempatan yang sama manyampaikan, setelah jemaah haji tahun 1443 atau 2022 sampai ke daerah asal masing-masing, tugas ke depan adalah membentuk jadwal pengajian bersama, dan bergabung dengan pengurus bersama anggota IPHI Pasaman Barat.


"Diminta kepada jemaah haji se Pasaman Barat yang hari ini, kembali dari tanah suci selanjutnya dari Asrama Haji Debarkasi Padang, menuju Simpang Empat dan selanjutnya ke daerah asal masing-masing, segera membentuk dan melakukan pertemuan wirid bulanan. Selain untuk menjalin silaturrahmi, pertemuan wirid juga untuk melaksanakan reuni dan membentuk kekompakan antara masyarakat Pasaman Barat, dan selanjutnya membuat jadwal pertemuan atau pengajian di Mesjid Agung Baitul Ilmi Pasaman Barat di Simpang Empat", kata Muhammad Nur, mengingatkan. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update