-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Disarpus Pasaman Barat dan SMP IT Cahaya Makkah, Jalin Kerjasama

Kamis, 25 Agustus 2022 | Kamis, Agustus 25, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-25T08:26:50Z
iklan

Disarpus dan SMP IT Cahaya Makkah, Kerjasama 


Pasaman Barat, smattsumbar.com -  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Pasaman Barat dan SMP IT Cahaya Makkah setempat, jalin kerjasama bidang pengembangan program penguatan literasi bagi siswa SMP IT Cahaya Makkah Pasaman Barat, Simpang Empat.


Kepala Disarpus Pasaman Barat, Muharram, katakan, pihaknya menyambut baik kerja sama tersebut. Menurutnya, kerja sama ini merupakan hal positif bagi kedua pihak.


“Saran saya, ruang lingkup kerjasamanya ditambah saja. Dalam MoU ini hanya dua ruang lingkup yang saya pahami, yaitu pemanfaatan koleksi dan kunjungan rutin. Dan perlu ditambahkan dengan yang lain, misalnya pembinaan perpustakaan sekolah, kegiatan perpustakaan keliling kepada masyarakat, dan lain sebagainnya,” kata Muharram.


Ia melanjutkan, bahwa pasca pandemi virus corona atau Covid-19 saat ini, SMP IT Cahaya Makkah Pasaman Barat, adalah sekolah pertama yang menjalin kerja sama dengan Disarpus. Ia berharap kerjasama ini bisa memberi manfaat bagi kedua belah pihak.


Dua hari pasca penandatanganan kerja sama tersebut, nampak siswa SMP IT Cahaya Makkah melakukan kunjungan ke perpustakaan bersama dengan guru pendamping pada, Rabu (24/8).


“Tindak lanjut kerjasama yang kita lakukan dengan SMP IT Cahaya Makkah dalam rangka pengembangan minat budaya baca dengan kegiatan pemanfaatan koleksi bahan perpustakaan,” ungkapnya.


Kepala Sekolah SMP IT Cahaya Makkah, Rospiadi,, menyampaikan bahwa SMP IT Cahaya Makkah saat ini menjadikan program literasi sebagai salah satu domain khusus dalam menentukan tujuan pendidikan bagi peserta didik.


“Maka untuk menunjangg program tersebut, kami mengajukan kerja sama kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat sebagai upaya meningkatkan kuantitas referensi bacaan sekaligus untuk meningkatkan semangat siswa dalam membaca,” jelasnya.


Karena itu lanjutnya, tidak menutup kemungkinan bahwa pasca kerja sama ini akan ada kunjungan rutin dari sekolah secara terjadwal dan berkala ke perpustakaan.


“Salah satu lingkup kegiatan kerjasama ini adalah, akan ada penjadwalan kunjungan rutin secara berkala. Maka harapannya, dengan kunjungan ini siswa kami yang berada di Boarding School, akan bisa lebih bersemangat dengan dilakukannya kunjungan pustaka nantinya,” katanya.


Kerjasama tersebut di inisiasi oleh bidang humas sekolah, dengan berprinsip kepada kolaborasi bersama untuk mewujudkan program yang berkualitas.


Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMP IT Cahaya Makkah Tri Novian, menyatakan, bahwa SMP IT Cahaya Makkah kedepan akan banyak menjalin kerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka mengakselerasi perkembangan dan kemajuan sekolah. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update