-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Ushuluddin UIN Susqa, Kunjungi Mansakti

Selasa, 29 November 2022 | Selasa, November 29, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-28T17:31:14Z
iklan

 

Tim UIN Susqa di Mansakti 


Slatpanjang, smartsumbar.com - Tim Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Qasim (Susqa) Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin (28/11) berkunjung dan silaturahmi dengan keluarga besar MAN i(Madrasah Aliyah Negeri) 1 Kepulauan Meranti di Slatpanjang.


Rombongan Fakultas Ushuluddin UIN Susqa Pekanbaru, Provinsi Riau di MAN 1 Kepulauan Meranti, dikenal juga dengan sebutan Mansakti, diterima Kepala Madrasah itu, Nuryaningsih, para wakil kepala, majelis guru, dan warga madrasah yang lain.


Kepala Mansakti, Yani, sapaan akrab dari Nuryaningsih, melalui akun Facebook (FB)-nya dari Slatpanjang, Senin (28/11) menjelaskan, kunjungan sekaligus silaturahmi antara PTKAIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) di madrasah yang dipimpinnya, bukan sekedar merajut kembali hubungan baik antar dua institusi.


Secara kelembagaan, ulas Yani, antara UIN Susqa dengan warga Mansakti adalah saudara. Jika siswa MAN 1 Kepulauan Meranti diakui sebagai adik, maka pihak universitas, khususnya dari Fakultas Ushuluddin adalah kakak, yang akan melayani, (membimbing siswa atau alumni dari Mansakti, yang akan melanjutkan jenjang pendidikan mereka ke tingkat lebih tinggi..


Selain itu, terang kepala madrasah, antara pihak UIN Susqa dengan warga Mansakti, adalah sama- beranda dalam naungan Kementerian Agama. Jika Mansakti adalah lembaga pendidikan khusus untuk kalangan siswa, maka untuk melanjutkan jenjang pendidikan mereka ke tingkat lebih tinggi, maka UIN Susqa di Pekanbaru adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi yang dituju setiap siswa.


Seiring berjalannya tahun pelajaran 2022-2023 dan tidak berapa waktu lagi, para siswa  akan ujian semester pertama. Maka tidak berapa bulan lagi, siswa kelas XII atau kelas 4 Aliyah akan mengakhiri proses pembelajarannya dan bersiap melanjutkan jenjang pendidikannya ke tingkat lebih tinggi, kata Nuryaningsih,


Kendati demikian, ingat kepala Mansakti, kemana atau apa perguruan tinggi yang akan dijadikan tempat melanjutkan jenjang pendidikan bagi para siswa yang akan menjadi alumni, tentu diserahkan kepada para siswa bersangkutan, dan salah satu perguruan tinggi yang akan mereka lanjutkan adalah ke UIN Susqa Pekanbaru di kawasan Panam, Kota Pekanbaru.


Selain Universitas Riau (Unri) dan UIN Susqa Pekanbaru, tambah Yani, di wilayah Provinsi Riau, juga terdapat beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta, seperti UIR (Universitas Islam Riau), Universitas Lancang Kuning, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), UMR (Universitas Muhammadiyah Riau), dan sebagainya. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update