-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Mulai TP. 2022/2023, MI Tahfidz ZAMIGA Buka Pendaftaran Siswa Baru

Sabtu, 07 Mei 2022 | Sabtu, Mei 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-14T10:54:13Z
iklan

 


Pasaman Barat, smartsumbar.com------Yayasan Pendidikan Pesantren Informasi dan Teknologi Zaminul Ghairi (YPPIT-ZAMIGA) Parit Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) buka satuan pendidikan baru tingkat dasar yakni Madrasah IbtidaiyahTahfidz Zaminul Ghairi (MI Tahfidz ZAMIGA).


Sebelumnya, yayasan ini telah sedang menyelenggarakan dua tingkatan pendidikan. Yaitu MTs PP Zamiga sejak tahun 2014 dan SMK TI Zamiga sejak 2016. SMK berbasis pesantren ini memilik dua jurusan, yakni Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 

 

“Isnya Allah mulai TP. 2022/2023 ini, YPPIT-ZAMIGA buka pendaftaran siswa baru untuk tiga tingkatan sekaligus. Yaitu MI Tahfidz ZAMIGA, MTs PP ZAMIGA dan SMK TI ZAMIGA, “kata Irti Zamin, SS, pimpinan yayasan, Jumat (06/05/2022)


 Pimpinan YPPIT-ZAMIGA, Irti Zamin, SS bersama Kasi Penmad Kemenang Pasbar, H Bakrizal, S.Ag, MPd


Menurutnya, untuk pembukaan MI Tahfidz ZAMIGA ini, pihaknya telah menyapaikan dan berkoordinasi dengan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kemenag Pasbar, H. Bakrizal, S.Ag, M.Pd beberapa waktu lalu.


Intinya jelas Irti, pihak Kemenag sangat mendukung pengembangan pendidikan madrasah di Pasaman Barat. Bakrizal pun menyambut positif rencana yayasan YPPIT - ZAMIGA untuk mebuka tingkatan pendidikan dasar, yaitu madrasah ibtidaiyah.


Ditambahkan Irti Zamin, MI Tahfidz Zamiga dengan masa pendidikan selama 6 Tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6, mempunyai kurikulum yang sama dengan sekolah dasar (SD). Hanya saja pada MI terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan Agama Islam. Seperti Al-Qu’an Hadits, Aqidah Akhlaq, fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab. 



Lanjutnya, kurikulum yang diterapkan mencerminkan sebagai lembaga pendidikan Islam yang memadukan antara pendidikan pesantren dan sekolah dengan materi yang mengintegrasikan agama dan pengetahuan umum. Dan ditambah lagi dengan program plus Tahfidz Qur’an. Dengan target tamat MI Tahfidz Zamiga lulusannya telah hafis dua juz ( juz 30 dan juz 1)


“Kita punya visi mewujudkan Generasi Islam yang Qurani, yang dibekali dengan ilmu agama, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi," jelas Irti. 


Untuk pelaksanaan visi tersebut, juga disiapkan berbagai langkah atau misi ke depan. Seperti, mewujudkan Al-Quran sebagai materi wajib yang meliputi tahfidz, tahsin, makhroj, dan baca tulis Al-Quran. Membina peserta didik yang senantiasa menjaga dan memuliakan Al-Quran, baik isi maupun mushafnya (tidak menempatkan di sembarang tempat)


Terus, misi berikutnya, menciptakan suasana dan adab Qur'ani di madrasah, mewujudkan pembelajaran inovatif dan berwawasan teknologi, mewujudkan pelaksanaan ibadah wajib atau sunnah yang konsisten, melaksanakan kegiatan didikan rohani rutin setiap Jum'at  dan program lainnya


Dengan suatu tujuan bahwa MI Tahfidz Zamiga mampu menciptakan lulusan yang memiliki karakteristik Hafal Al- Quran 2 juz (juz 30 dan juz 1), minimal 1 juz dapat diwujudkan bagi setiap tamatannya.


Misi lainnya membina peserta didik untuk mengamalkan isi Al- Quran dalam kehidupan sehari- hari. Sehingga terwujud generasi berakhlak mulia , memiliki iman dan taqwa yang kuat, memiliki pribadi yang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dan menguasai teknologi dasar yang mutakhir dibuktikan dengan terampil menggunakan ICT. Maka ada pembelajaran tambahan bidang komputer khususnya di kelas akhir nantinya.


Jadwal Pendaftaran MI-MTs-SMK Zamiga telah dimulai dari sekarang. Buruan mendaftar selagi kesempatan masih ada.


Tempat Pendaftaran Kantor ZAMIGA Parit Kecamatan Koto Baingka.


Syarat Pendaftaran :

·  Mengisi Formulir yang disediakan

·  Foto Copy KK & Akte Kelahiran

·  Foto Copy KIP/ KPS Jika Ada

· Uang Pendaftaran Bersifat Impaq / sumbangan

· Surat Keterangan Kurang Mampu dari Wali Nagari bagi siswa kurang mampu (bisa menyusul)

- Foto copy rapor/SKL, dll untuk tingkat MTs- SMK (bisa menyusul)

 

 ****tria/iz


iklan
×
Berita Terbaru Update